10 KLUB YANG MUNGKIN AKAN DILATIH CARLO ANCELOTTI

No comments yet Permalink
10 KLUB YANG MUNGKIN AKAN DILATIH CARLO ANCELOTTI

Setelah Real Madrid berhasil merebut kemenangan Liga Champions atas rivalnya, Atletico Madrid, mereka pun berpikir jika Carlo Ancelotti merupakan ancaman besar bagi langkah mereka selanjutnya. Ini juga ditambah dengan fakta jika Los Blancos berhasil menyarangkan 3 gol dalam 7 laga.

Walaupun Ancelotti merupakan salah satu pelatih terbaik di dunia, prestasinya tidak dinilai oleh Real Madrid. Bahkan, Vicente del Bosque didepak meskipun dia berhasil menyumbangkan mahkota Eropa bagi Los Blancos. Ancelotti jelas menyadari jika prestasi bukanlah hal yang menjadi patokan utama saat dirinya melatih di Santiago Bernabeu.

Real Madrid sudah memanggil sejumlah pelatih-pelatih terbaik, namun kinerja mereka masih saja dianggap kurang oleh sang pemilik Florentino Perez. Hal ini sebelumnya sudah dirasakan orang-orang seperti Jose Mourinho dan Fabio Capello. Namun, Ancelotti adalah salah satu dari sedikit orang yang tidak hanya memenangkan Liga Champions sebagai pemain, tetapi juga sebagai pelatih.

Namun sayang, karir Ancelotti di Real Madrid harus berakhir di bulan Agustus lalu. Lalu bagaimanakah masa depannya selanjutnya? Dan inilah 10 klub yang mungkin akan dilatih Carlo Ancelotti berikutnya adalah :

1. Manchester City

Kemungkinan besar klub yang akan dilatih Ancelotti adalah Manchester City. Ditambah lagi The Citizens dipegang oleh Abu Dhabi Group yang memiliki finansial yang lebih, sehingga uang bukanlah masalah bagi mereka. Di sisi lain, Manchester City telah melakoni musim yang mengesankan sehingga pastinya mereka akan membuka pintu untuk Ancelotti.

Saat City diasuh Manuel Pellegrini, mereka selalu selangkah dibawah Chelsea dan terutama City selalu gagal di ajang Liga Champions. Dan inilah kesempatan Ancelotti untuk menunjukkan ‘taring’nya di City.

2. AC Milan

Emosi akan kembali menyelimuti jika Ancelotti membuat langkah untuk melatih AC Milan. Disinilah ia menghabiskan waktu selama beberapa tahun sebagai pemain dan berhasil memenangkan 2 mahkota Eropa berturut-turut. Selain itu, Ancelotti adalah salah satu dari 6 orang yang berhasil mengangkat trofi bergengsi sebagai pelatih dan pemain.

Selanjutnya, ia merupakan salah satu dari 2 pelatih setelah Bob Paisley yang memenangkan Piala Eropa sebanyak 3 kali. San Siro bisa menjadi tempat tinggal yang menarik bagi Ancelotti. Bukan hanya menyangkut gelar, tetapi para fans yang masih merindukan sosok dirinya. AC Milan saat ini sedang terseok-seok di pertengahan tabel Serie A dan terlihat seperti tanpa harapan, kemungkinan Ancelotti dapat menerima panggilan yang tak terduga di musim panas nanti.

3. Manchester United

Musim ini, MU tidak masuk kedalam ajang Liga Champions dan para fans sepertinya tidak ingin menunggu satu tahun lagi untuk berjalan bersama Louis Van Gaal. Dengan kembalinya peforma menawan Chelsea dan Everton, MU sudah harus ekstra waspada ditambal lagi Liverpool mulai mengejar ketertinggalan.

Setan Merah sepertinya membutuhkan mandor sepakbola Eropa dan Ed Woodward dapat membuat langkah untuk Ancelotti. Selain itu, jika Ancelotti pindah ke Old Trafford, kemungkinan ia akan membawa 2 striker mematikan di dunia yaitu Gareth Bale dan Cristiano Ronaldo.

4. Tottenham Hotspur

Mungkin ini cuma rumor yang berhembus, tetapi bukan tidak mungkin bagi Ancelotti jika dirinya ingin mengambil alih Spurs. Musim ini penampilan Tottenham sangat jauh dari sempurna sehingga membuat sang pemilik klub, Daniel Levy tidak bisa menahan ambisinya terlalu lama.

Levy sudah mendepak selusin pelatih selama bertahun-tahun hanya untuk menemukan satu pelatih terbaik bagi klubnya. Oleh karena itu, Ancelotti secara harfiah bisa melatih Tottenham musim panas nanti. Jauh sebelum Louis Van Gaal menukangi Manchester United, Ancelotti sudah diwawancarai untuk menjadi pelatih di White Hart Lane.

5. Paris Saint Germain

Setelah mengalahkan Chelsea tetapi gagal saat melawan Barcelona di Liga Champions, hal ini bisa mnejadi tamparan keras untuk pelatih PSG saat ini Laurent Blanc. PSG yang didukung Qatar tentunya memiliki kekayaan besar yang mampu membawa seorang pelatih terbaik seperti Ancelotti untuk berlabuh ke Parc des Princes.

Ancelotti sudah dikaitkan sejumlah kesempatan untuk mengambil alih kursi kepelatihan di PSG. Oleh karena itu anda jangan heran ketika menerima sebuah laporan yang menyatakan ‘Laurent Blanc didepak, Ancelotti masuk’.

6. Liverpool

Setelah kalah dari Aston Villa di ajang semifinal Piala FA, banyak yang mulai mempertanyakan kinerja kepelatihan Brendan Rogers. Hal itu yang membuat sang pemilik Liverpool, John Henry kehilangan kesabarannya. Ia mungkin bisa saja memanggil Ancelotti untuk menangani kursi kepelatihan Liverpool musim panas mendatang.

Sedikit masukan, Carlo Ancelotti telah membuktikan dirinya dari waktu ke waktu bahwa dirinya tidak takut untuk mengambil alih klub besar. Dengan catatan rapor yang mentereng, bisa saja Ancelotti menerima telepon langsung dari Merseyside.

7. Inter Milan

Seperti pepatah lama mengatakan, jangan menghitung ayam anda sebelum mereka menetas. Roberto Mancini masih melatih Inter Milan saat ini, tetapi jika sang pemilik Massimo Moratti mulai bosan dengan kegagalan Inter, mungkin saja Ancelotti bisa menyusup masuk. Kekalahan Inter sebagian besar dikarenakan kampanye malang yang dilakoni Mancini.

Jika kejadian ini semakin berlarut-larut, maka Moratti bisa mengantikan posisinya dengan Ancelotti untuk menghidupkan era keemasan Nerazzurri seperti 5 tahun yang lalu, ketika mereka mengangkat treble. Gaya kepelatihan Ancelotti di SerieA sudah tidak perlu diragukan lagi karena ia sempat sukses saat melatih AC Milan dan hal ini bisa menjadi salah satu sentuhan kepelatihan terbaik tahun ini.

8. Bayern Munchen

Hal yang tak terpikirkan mungkin bisa terjadi ketika Bayern Munchen gagal memenangkan Liga Champions ditambah lagi isu hengkangnya Pep Guardiola dalam waktu dekat ini. Kualitas kepelatihan Pep sudah tidak diragukan lagi di dunia sepakbola dan jika benar Pep hengkang, maka itu akan menjadi pil pahit yang harus ditelan Munchen. Tapi, Munchen tidak perlu berlarut-larut dalam kesedihan sebab masih ada Calrlo Ancelotti yang dapat menggantikan sosok sebrilian Pep Guardiola.

Pep juga pernah kedapatan bertengkar dengan tim dokter dimana ia menyalahkan staff dokter tersebut atas kekalahan leg pertama kontra Porto sehingga staff medis Munchen harus mengundurkan diri setelah 4 dekade menjaga para pemainnya. Ini berarti Guardiola dapat memicu kemarahan dari sang pemilik Munchen dan bisa saja mereka tak segan untuk menerkamnya.

9. Napoli

Selalu ada rasa kegembiraan yang menyelimuti jika masa kepelatihan akan segera diganti, terutama pada tahun ini. Oleh karena itu, Ancelotti kemungkinan akan kembali ke Italia. Jika ini terjadi, maka akan ada sejumlah klub-klub besar yang berlomba-lomba untuk mendapatkan tanda tangannya.

Jika Napoli telah menghentikan jasa Rafael Benitez, mereka mungkin akan melirik Ancelotti untuk menghidupkan kembali masa keemasannya. Dia adalah salah satu orang yang bisa membawa kembali orang-orang terkenal seperti Maradona dan Zola yang pernah menghiasi lapangan hijau Napoli.

10. Borussia Dortmund

Dengan kekosongan kursi kepelatihan di Borussia Dortmund setelah ditinggalkan Jurgen Klopp beberapa minggu yang lalu, ini adalah waktu yang tepat bagi seorang Ancelotti untuk menggantikan posisinya. Jiwa sepakbola Eropa ada didalam otak Ancelotti dan ia juga mungkin mengangkat roh permainan Dortmund di musim ini.

Bisa saja Ancelotti kembali membawa Dortmund kembali ke Liga Champions hingga ajang final seperti beberapa tahun yang lalu dimana mereka harus kalah dari Munchen. Jasa besar Ancelotti tentu sangat dibutuhkan Dortmund.

About John Tatum

Leave a comment